Optimalisasi ASI pada ibu nifas

Air Susu Ibu (ASI) adalah susu yang diproduksi oleh ibu untuk dikonsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bagi bayi tersebut pada masa pertumbuhannya. Di dalam ASI terkandung semua zat gizi yang dibutuhkan bayi. Dalam hal ini dosen prodi profesi Universitas Malahayati melakukan pengabdian masyarakat melalui program optimalisasi ASI dimana dalam kegiatan tersebut diajarkan teknik menyusui yg benar, pijat oksitosin dan pembuatan menu makanan dari olahan daun kelor untuk memperbanyak ASI yang dilaksanakan di RSIA Santa Ana Bandar Lampung.

Program Studi Kebidanan Menyelenggarakan Pelatihan Perseptor Mentor

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, Program Studi Kebidanan Universitas Malahayati bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) menyelenggarakan kegiatan pelatihan perseptor mentor. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari yaitu pada tanggal 23–26 November 2020 dengan menggunakan metode daring. Jumlah peserta dalam pelatihan sebanyak 43 orang yang terdiri dari 18 dosen Prodi Kebidanan Universitas Malahayati dan 25 orang bidan praktik mandiri se provinsi Lampung. Berikut dokumentasi kegiatan pelatihan perseptor mentor Prodi Kebidanan Universitas Malahayati:


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan maupun kompetensi baik calon perseptor maupun mentor dalam memahami konsep dasar peran CI ditatanan klinik, peran dalam setiap tahap pembelajaran klinik, memahami peran, fungsi dan tugas – tugas sebagai pembimbing praktik klinik kebidanan, mampu me;aksanakan evaluasi terhadap peserta didik, menjadi role model bagi mahasiswa sebagai bidan profesional di lingkungan kerjanya serta mampu membimbing mahasiswa dalam melakukan pendokumentasian (SOAP) pada saat praktik klinik.
Dengan terselenggarakannya kegiatan pelatihan ini, harapannya baik dosen maupun bidan praktik mandiri dapat memiliki standar dan kompetensi yang baik dalam pembelajaran praktik klinik sehingga akan mencapai tujuan pembelajarn dan hasil yang efektif.

 

 

Pengabdian Masyarakat Program PKMS DRPM-Unmal “KIE Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Catin Berbasis Aplikasi Android”

Pada hari Kamis, tepatnya tanggal 12 September 2019, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Malahayati yang mendapat hibah pengabdian masyarakat DRPM Tahun 2019 Bandar Lampung, yang diketuai oleh Nita Evrianasari, SST., M.Kes dengan Anggota Wahid Tri Wahyudi, S.Kep., Ners., M.Kes telah melaksanakan kegiatan sosialisasi KIE Kespro Catin sebagai rangkaian kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di KUA Tanjung Karang Pusat. Tim pengmas terima dengan hangat oleh Plh. Ka. KUA Tanjung Karang Pusat yaitu Bapak Esmed, S.Ag. Kegiatan ini juga diikuti oleh 2 orang mahasiswa Prodi DIV Kebidanan yaitu Nurayu dan Yulia Dwi Untari.

Tema yang diangkat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Konseling, informasi dan Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Catin berbasis Aplikasi Android.

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen bersama mahasiswa dan alumni. Kegiatan pengabdian ini berlangsung atas dasar hasil penelitian yang telah dilakukan, dimana hasil penelitian adanya pengaruh KIE Kespro dan Seksual terhadap peningkatan pengetahuan bagi calon pengantin. Tetapi dalam pelaksanaannya terkendala di beberapa hal. Diantaranya petugas kesehatan hanya bertugas satu bulan sekali sehingga tidak semua catin mendapatkan informasi tentang Kespro dan Seksual. Selain itu media yang digunakan masih berupa leaflet dengan informasi terbatas.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat melalui Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Diktik Tahun Anggaran 2019 membuat inovasi berupa Aplikasi Android yang berisikan buku Saku Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Catin. Aplikasi ini menyadur dari Buku Saku Kesehatan Reproduksi dan Seksual yang diterbitkan oleh kementrian kesehatan yang  terdiri dari 8 Bab yaitu : Filosofi  pernikahan, Informasi pra nikah, Ketidaksetaraan gender dalam pernikahan, Informasi tentang kehamilan, pencegahan komplikasi, persalinan dan pasca salin, Informasi tentang infeksi menular seksual, infeksi saluran reproduksi serta hiv dan aids, informasi tentang deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara, Informasi tentang gangguan dalam kehidupan seksual suami istri dan Mitos pada perkawinan.

Kegiatan pada hari ini bertujuan untuk mensosialisasikan aplikasi KIE Kespro Catin berbasis Android kepada Calon Pengguna yaitu Catin. Kegiatan ini dihadiri oleh pihak KUA yang terdiri dari Penghulu dan Penyuluh, Instansi terkait (Puskesmas),  alumni universitas malahayati yang bekerja di Dinas Kesehatan Kota Bandar bidang Kesehatan Keluarga dan Catin.

Dengan terselenggaranya sosialisasi ini, harapannya pihak terkait dapat mensosialisasikan aplikasi yang telah dibuat oleh Tim Pengabdian Masyarakat universitas malahayati sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya Bagi Calon pengantin. Calon pengantin sebagai calon orang tua akan mendapatkan pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi dan Seksual sebagai bekal menyiapkan keluarga yang sehat, mulai dari sebelum hamil, hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir sehat serta masa reproduksi yang sehat.

Potret Kebersamaan Dosen & Mahasiswa dalam Kegiatan PKKMB Program Studi Profesi Bidan

Beberapa waktu lalu tepatnya pada hari Kamis, 26 September 2019 program studi profesi bidan melaksanakan kegiatan pkkmb jurusan di ruang 1.7 yang dihadiri oleh Dosen Kebidanan, Mahasiswa Semester V dan Mahasiswa Baru Program Studi Profesi Bidan.

Sebelum pemberian materi dari masing-masing Dosen, Mahasiswa Semester V yang merupakan Kakak Tingkat dari mahasiswa baru mengajak adik-adik nya untuk berkenalan dan menyanyikan yel-yel atau jargon untuk menciptakan kedekatan antar semasa dan menjadikan suasana lebih santai dan akrab.

 

 

Pertemuan Umum Untuk S2 Kesehatan Masyarakat, S1 FKM, S1 PSIK, S1 Farmasi Dan D4 Kebidanan, Jumat Ini

UNIVERSITAS Malahayati akan mengadakan pertemuan umum bagi seluruh mahasiswa S2/Magister Kesehatan Masyarakat, S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, S1 PSIK, S1 Farmasi dan D4 Kebidanan pada :

Hari/Tanggal : Jumat, 30 September 2016

Waktu : 08.00 WIB

Tempat : Gedung Graha Bintang Universitas Malahayati

Pertemuan ini akan dihadiri oleh Rektor Universitas Malahayati, Dr Muhammad Kadafi, SH MH. Diharapkan kehadiran seluruh mahasiswa S2/Magister Kesehatan Masyarakat, S1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, S1 PSIK, S1 Farmasi dan D4 Kebidanan tepat waktu.

Untuk Keterangan Tambahan bisa menghubungi kontak di bawah ini:
CP : Muhammad, S.Kom.,MM (0821 8688 9977), Email : muhammad.6889977@gmail.comØ
 Meni Sutarsih, S.Pd.,M.Si (0821 8500 0515)
Atau bisa langsung datang ke Sekretariat Pendaftaran: ke Sekretariat PMB Uniersitas Malahayati di Gedung Perpustakaan Pusat Lantai 8.[]

Publikasi Ilmiah Prodi Kebidanan Di Tingkat Nasional

Pada tanggal 12-14 September 2019 ibu Dainty Maternity, S.ST.,M.Keb berkesempatan Menghadiri Pertemuan Ilmiah Tahunan Bidan yang dilaksanakan di Hotel Novotel, Jakarta. Bukan hanya menghadiri akan tetapi beliau juga mengikuti “Oral Presentasi” dengan mengusung judul penelitian Efektifitas Pemberian Minyak Zaitun Terhadap Kejadian Striae Gravidarum Pada Ibu Hamil Primigravida TM III di Pukesmas Palapa Kota Bandar Lampung”. “Kegiatan tahunan yang selalu diselerenggarakan ini diikuti kurang lebih 100 peserta dari berbagai daerah dan saya bersyukur Alhamdulillah senantiasa diberikan kesempatan untuk mengikuti acara tersebut mewakili Program Studi Kebidanan Universitas Malahayati, ujarnya”.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk publikasi hasil penelitian dosen di tingkat Nasional. Penelitian ini dilakukan dalam rangka mencapai tujuan Visi Misi Program Studi dalam hal Evidance Based Midwifery yang rutin dilakukan oleh Program Studi Kebidanan. Hasil penelitian merupakan salah satu dasar pelayanan komplementer yang dapat diberikan oleh bidan dalam tahapan profesi.

 

Hakrab DIV Kebidanan Universitas Malahayati “Menjalin Keakraban Satukan Perbedaan”

Hari keakraban atau bisa disingkat dengan hakrab merupakan salah satu kegiatan d4 kebidanan universitas malahayati pada tahun ini diselenggarakan pada tanggal 03  bertempatan di lapangan helipet universitas malahayati dengan total kurang lebih 100 mahasiswa yang berasal dari mahasiswa d4 kebidanan. Acara tersebut diselenggarakan agar untuk membina tali silatuhrahmi sesama mahasiswa, acara yang berlangsung satu hari itu dihadiri oleh wr 3 yaitu pak suharmawan,kaprodi bu dainty,dosen,dan para mahasiswa.

Yang mana acara tersebut telah disusun dengan rapi dan berjalan dengan lancar, hakrab ini mengadakan berbagai ajang perlombaan adu kekompakkan antar kelompok. Adapun lomba yang diadakan yaitu yel-yel antar kelompok,lomba memecahkan balon dengan kaki,lomba make up,lomba tebak gaya dan masih banyak lagi lomba yg di adakan. Hakrab ini dimulai padapkul 08:00 wib yang kemudian dibuka oleh bu dainty selaku ka prodi d4 universitas malahayati kemudian diberi sambutan oleh bapak suharmahan selaku wr 3. setelah acara pembukaan, acara selanjutnya adalah lomba yel yel antar kelompok .

Salah satu hal yang menarik pada saat perlombaan adalah, ketika perlombaan menginjak balon dengan kaki, 2 orang mewakili kelompok yang kakinya diikat dengan balon, dimana masing masing kelompok harus menginjak balon yang berada dikaki lawan sampai pecah yang mana pemenangnya adalah yg dapat memecahkan balon lawan sedangkan balon yg terpasang dikakinya tidak pecah. Tidak hanya peserta lomba saja yg heboh tetapi anggota anggota lainnya ikut bersorak gembira,

Kemudian setelah semua perlombaan selesai jam 12:00 seluruh mahasiswa makan siang bersama para dosen pun mengikuti makan siang bersama setelah makan siang selesai seluruh mahasiswa beserta dosen mengumpulkan kado yg telah disiapkan masing masing orang setelah itu kado dijadikan satu dan anggota yg menang dari perlombaan diperbolehkan mengambil kado yg sudah di acak acak. Aturan kadonya pun harus barang yang dapat dipakai dengan harga maksimal 25.000 perorang serta untuk keseragaman harus dibungkus dengan kertas koran setelah acara tukar kado berikutnya adalah acara penutup yaitu halal bihalal dengan para dosen dan para mahasiswa lainnya.

Walaupun terksesan sederhana, hakrab ini sangat berkesan bagi semua mahasiswa dan dosen.kami merasa senang bisa tertawa bersama, berkumpul bersama,dan berbagi kebahagiaan bersama

Pemenang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Mirna Lisa  merupakan mahasiswa prodi profesi bidan yang memenangkan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang penelitian dengan judul “Pengaruh alat permainan edukasi terhadap perkembangan motorik halus anak TK usia 4-6 tahun”.

Prodi Kebidanan Gelar Seminar Terapi Komplementer

Mungkin banyak dari kita, yang belum familier dengan kata “terapi komplementer”, terapi komplementer merupakan metode atau cara untuk menanggulangi penyakit yang dilakukan sebagai pendukung pengobatan medis konvensional atau sebagai pengobatan pilihan lain di luar pengobatan medis yang konvensional.

Saat ini, terapi komplementer mulai banyak dilirik oleh praktisi kesehatan, karena sebenarnya terapi ini sudah ada sejak jaman nenek moyang kita dan merupakan kearifan lokal serta masih banyak dilakukan sampai dengan sekarang. Hanya saja, pada saat itu, nenek moyang kita hanya melakukannya karena kebiasaan atau tradisi, sedangkan saat ini terapi komplementer yang digunakan oleh praktisi kesehatan adalah yang telah memilki dasar ilmiah yang dapat dipertanggung-jawabkan. Prof. Achir Yani Hamid, DSNc mencontohkan tradisi minum jamu yang sudah ada sejak jaman dulu dan masih sangat relevan hingga sekarang. Beliau juga mencontohkan penggunaan madu sebagai terapi penyakit yang juga masih relevan hingga saat ini.

Untuk menambah pemahaman praktisi kesehatan tentang terapi komplementer, maka pada tanggal 25 Februari 2017, Prodi kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar seminar kesehatan tentang terapi komplementer. Pembicara dalam acara seminar ini adalah Prof. Dr. Achir Yani Hamid, DNSc, yang merupakan guru besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Dr. (Can) Debbyantina, SST, M.Keb dosen pengajar di Prodi Kebidanan Poltekes Jakarta dan Uki Basuki, SKM, M.Kes dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung. Seminar berjalan lancar dan menarik di bawah komando moderator yang juga ketua Prodi Kebidanan Univertas Malahayati Daenty Maternity, SST, M.Keb.   (lima-Dh)