Program Studi Kebidanan Menyelenggarakan Pelatihan Perseptor Mentor

Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, Program Studi Kebidanan Universitas Malahayati bekerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND) menyelenggarakan kegiatan pelatihan perseptor mentor. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama empat hari yaitu pada tanggal 23–26 November 2020 dengan menggunakan metode daring. Jumlah peserta dalam pelatihan sebanyak 43 orang yang terdiri dari 18 dosen Prodi Kebidanan Universitas Malahayati dan 25 orang bidan praktik mandiri se provinsi Lampung. Berikut dokumentasi kegiatan pelatihan perseptor mentor Prodi Kebidanan Universitas Malahayati:


Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan maupun kompetensi baik calon perseptor maupun mentor dalam memahami konsep dasar peran CI ditatanan klinik, peran dalam setiap tahap pembelajaran klinik, memahami peran, fungsi dan tugas – tugas sebagai pembimbing praktik klinik kebidanan, mampu me;aksanakan evaluasi terhadap peserta didik, menjadi role model bagi mahasiswa sebagai bidan profesional di lingkungan kerjanya serta mampu membimbing mahasiswa dalam melakukan pendokumentasian (SOAP) pada saat praktik klinik.
Dengan terselenggarakannya kegiatan pelatihan ini, harapannya baik dosen maupun bidan praktik mandiri dapat memiliki standar dan kompetensi yang baik dalam pembelajaran praktik klinik sehingga akan mencapai tujuan pembelajarn dan hasil yang efektif.

 

 

Ayo Bergabung Di Prodi DIII Kebidanan

Hari gini masih bingung mau kuliah di kampus swasta yang berkualitas tinggi ? jangan bimbang , Universitas Malahayati adalah lembaga perguruan tinggi yang terbaik buat kamu !!! yuk daftar segera

 

DIII Kebidanan Peduli Cegah covid

Kegiatan Peduli Cegah Covid, pembagian masker secara gratis untuk pengendara dan masyarakat sekitar, pembagian masker ini bertujuan untuk membangun kepedulian masyarakat , khusus nya generasi muda dan untuk mencegah penyebaran virus covid19 , pada tanggal 31 mei 2020

PELATIHAN PPGOD

PPGDON adalah training yang berorientasi pada pertolongan penderita pre-hospital. Seperti yang kita ketahui pelayanan medis gawat darurat merupakan salah satu pelayanan yang membutuhkan kecepatan, ketepatan dan kecermatan dalam pelaksanaannya untuk mencegah kematian maupun kecacatan yang dapat dialami oleh pasien. Untuk itu diperlukan tenaga medis yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menangani kegawatdarutan medis.

Kegawat daruratan dalam kehamilan dan persalinan memiliki kekhusunan tersendiri karena pada ibu hamil atau bersalin pasien yang harus ditangani bukan hanya satu tetapi dua orang yaitu ibu dan bayi yang harus ditangani dalam waktu yang bersamaan. Karena apabila telat sedikit makan akan fatal akibatnya. Sehingga pelayanan medis yang menangani kegawatdaruratan perlu diberikan bekal Pelatihan Penanganan Penderita Gawat Darurat Obstertic Neonatus (PPGDON).

Training PPGDON berfokus kepada kemampuan life saving skill kognitif, efektif maupun psikomotor kegawatdaruaratan obstetitri neonates bagi tenaga kesehatan khususnya para bidan yang terlibat langsung pada prposes persalinan. Dengan harapan mereka telah memiliki skill dasar dalam penanggulangan kegawatdaruratan obstetri neonates, sehingga mampu menangani kasus-kasus dengan kegawatdaruratan medis, serta mampu mempercepat respontime kegawatdaruaratn obstetric neonatus dengan harapan kematian pada ibu dan anak dapat dicegah dengan cepat.

Setelah mengikuti Training Penanganan Penderita Gawat Darurat Obstetric Neonatus (PPGDON) ini peserta diharapkan mampu: 1) Memahami prinsip-prinsip dalam PPGDON, 2) Menyusun SOP penanggulangan gawat darurat obstetric naeonatal dalam menunjang PONEK, 3) Menerapkan prinsip PPGDON dalam PONEK di rumah sakit, 4) Memberikan pelayanan kegawat daruratan khususnya bagi ibu dan bayi dalam mendukung PONEK secara optimal, 5) Memahami prinsip-prinsip dalam PPGDON, 6) Mengintegrasi dan memperagakan penanganan kegawat daruratan dalam penanganan komplikasi ibu dan bayi mengindentifikasi/menyusun protap-protap kegawatdaruratan dalam PONEK. Universitas Malahayati Prodi Profesi telah mefasilitasi mahasiswa untuk mendaptkan pelatihan PPGDON yang dilakukan di RSUP Hasan Sadikin Bandung yang dilaksanakan pada 24-26 Februari 2020.

Pemenang Best Costum Pada Acara Dies Natalis

Pemenang best costum diraih oleh ibu Ledy Octavia Iqmi , SST.,M.,Kes , dalam rangka acara meriahkan dies natalis universitas Malahayati, kegiatan ini dilakukan pada tanggal 28 Januari 2020