Dewi Yuliasari; Jurnal Hubungan Penggunaan KB Pil Kombinasi dengan Produksi ASI pada Ibu Menyusui di Puskesmas Bernung Kabupaten Pesawaran tahun 2014

AIR Susu Ibu (ASI) merupakan cairan putih yang dihasilkan oleh kelenjar payudara wanita melalui proses laktasi. ASI terdiri dari berbagai komponen gizi dan non gizi. Sekresi ASI diatur oleh hormon prolaktin dan oksitosin. Cakupan pemberian ASI eksklusif terendah berada di wilayah kerja Puskesmas Bernung yaitu 9,8%.

Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi ASI antara lain adalah makanan, ketenangan jiwa dan fikiran, penggunaan alat kontrasepsi, perawatan payudara, anatomis payudara, factor fisiologi, pola istirahat, factor isapan anak atau frekuensi penyusuan, berat badan bayi, umur kehamilan saat melahirkan, konsumsi rokok dan alcohol. Penggunaan pil kontrasepsi kombinasi estrogen dan progestin berkaitan dengan penurunan volume dan durasi.

Hasil presurvey yang peneliti lakukan pada tanggal bulan Mei 2014 dengan teknik wawancara bebas kepada 10 ibu Menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Kedondong didapat 6 orang (60%) mengatakan pengeluaran ASI lancar dan 4 orang (40%) mengatakan pengeluaran Asi tidak lancar, 5 orang (50%) menggunakan alat kontrasepsi jenis pil Kombinasi dan 5 orang (50%) tidak menggunakan alat kontrasepsi.

Berdasarkan hasil prasurvey itu yang membuat Dewi Yuliasari tertarik melakukan sebuah penelitian yang tertuang dalam jurnal yang berjudul “Hubungan Penggunaan KB Pil Kombinasi dengan Produksi ASI pada Ibu Menyusui di Puskesmas Bernung Kabupaten Pesawaran tahun 2014“. Tujuan penelitian diketahui hubungan penggunaan KB Pil dengan produksi ASI pada ibu menyusui di Wilayah Kerja Puskesmas Bernung Kabupaten Pesawaran Tahun 2014.

Baca selengkapnya:

Jurnal Penelitian Dewi Yuliasari

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *