Pengabdian Masyarakat Program PKMS DRPM-Unmal “KIE Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Catin Berbasis Aplikasi Android”

Pada hari Kamis, tepatnya tanggal 12 September 2019, Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Malahayati yang mendapat hibah pengabdian masyarakat DRPM Tahun 2019 Bandar Lampung, yang diketuai oleh Nita Evrianasari, SST., M.Kes dengan Anggota Wahid Tri Wahyudi, S.Kep., Ners., M.Kes telah melaksanakan kegiatan sosialisasi KIE Kespro Catin sebagai rangkaian kegiatan pengabdian kepada Masyarakat di KUA Tanjung Karang Pusat. Tim pengmas terima dengan hangat oleh Plh. Ka. KUA Tanjung Karang Pusat yaitu Bapak Esmed, S.Ag. Kegiatan ini juga diikuti oleh 2 orang mahasiswa Prodi DIV Kebidanan yaitu Nurayu dan Yulia Dwi Untari.

Tema yang diangkat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Konseling, informasi dan Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Catin berbasis Aplikasi Android.

Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen bersama mahasiswa dan alumni. Kegiatan pengabdian ini berlangsung atas dasar hasil penelitian yang telah dilakukan, dimana hasil penelitian adanya pengaruh KIE Kespro dan Seksual terhadap peningkatan pengetahuan bagi calon pengantin. Tetapi dalam pelaksanaannya terkendala di beberapa hal. Diantaranya petugas kesehatan hanya bertugas satu bulan sekali sehingga tidak semua catin mendapatkan informasi tentang Kespro dan Seksual. Selain itu media yang digunakan masih berupa leaflet dengan informasi terbatas.

Berdasarkan latar belakang tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat melalui Hibah Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kemenristek Diktik Tahun Anggaran 2019 membuat inovasi berupa Aplikasi Android yang berisikan buku Saku Kesehatan Reproduksi dan Seksual Bagi Catin. Aplikasi ini menyadur dari Buku Saku Kesehatan Reproduksi dan Seksual yang diterbitkan oleh kementrian kesehatan yang  terdiri dari 8 Bab yaitu : Filosofi  pernikahan, Informasi pra nikah, Ketidaksetaraan gender dalam pernikahan, Informasi tentang kehamilan, pencegahan komplikasi, persalinan dan pasca salin, Informasi tentang infeksi menular seksual, infeksi saluran reproduksi serta hiv dan aids, informasi tentang deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara, Informasi tentang gangguan dalam kehidupan seksual suami istri dan Mitos pada perkawinan.

Kegiatan pada hari ini bertujuan untuk mensosialisasikan aplikasi KIE Kespro Catin berbasis Android kepada Calon Pengguna yaitu Catin. Kegiatan ini dihadiri oleh pihak KUA yang terdiri dari Penghulu dan Penyuluh, Instansi terkait (Puskesmas),  alumni universitas malahayati yang bekerja di Dinas Kesehatan Kota Bandar bidang Kesehatan Keluarga dan Catin.

Dengan terselenggaranya sosialisasi ini, harapannya pihak terkait dapat mensosialisasikan aplikasi yang telah dibuat oleh Tim Pengabdian Masyarakat universitas malahayati sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya Bagi Calon pengantin. Calon pengantin sebagai calon orang tua akan mendapatkan pengetahuan tentang Kesehatan Reproduksi dan Seksual sebagai bekal menyiapkan keluarga yang sehat, mulai dari sebelum hamil, hamil, bersalin, nifas, bayi baru lahir sehat serta masa reproduksi yang sehat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *