Defenisi Bidan menurut Internasional Confederation Of Midwives (ICM) ke 27, bulan Juli 2005, yang diakui oleh WHO dan Federation of International Gynecologist Obsterition (FIGO), “Bidan adalah yang diakui di negaranya, telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk didaftar (register) dan atau memiliki izin yang sah (Lisensi) untuk melakukan praktik bidan. Sedangkan menurut IBI adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang diakui pemerintah dan organisasi profesi di wilayah Negara Republik Indonesia serta memiliki kompetensi dan kualifikasi lisensi untuk menjalankan praktik kebidanan.

Dalam rangka menjaga kualitas pelayanan tenaga kesehatan Kementeria Kesehatan melalui MTKI dan MTKP telah dan sedang melaksanakan program registrasi tenaga kesehatan. Pada tahap selanjutnya registrasi tenaga kesehatan ini harus didahului oleh uji kompetensi, bagi yang lulus uji kompetensi tersebut diberikan kepadanya sertifikat kompetensi.

Untuk memfasilitasi mahasiswa Prodi kebidanan Universitas Malahayati memperoleh sertifikat kompetensi, Universitas Malahayati menyelenggarakan Ukom Nasional pada tanggal 14-16 Agustus 2021 yang diikuti oleh 64 mahasiswa.