FIELDTRIP MAHASISWA D4 KEBIDANAN TA.2016/2017

Salah satu agenda tahunan Diploma IV Kebidanan Universitas Malahayati dalam Visit Hospital di salah satu Rumah Sakit yang ada di Singapura oleh Mahasiswa D IV Kebidanan TA.2016/2017

Pertemuan Mahasiswi D4 Kebidanan Akan Dilaksanakan Pada Jumat Siang

PEMBERITAHUAN jadwal pertemuan untuk mahasiswi D4 Kebidanan Universitas Malahayati akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Jumat, 23 September 2016

Waktu : 13.00 WIB

Tempat : Gedung Rektorat Universitas Malahayati

Pertemuan ini bertujuan untuk melakukan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) untuk mahasiswi D4 Kebidanan. Diharapkan kedatangannya menemui kaprodi masing-masing jurusan.

Untuk Keterangan Tambahan bisa menghubungi kontak di bawah ini:
CP : Muhammad, S.Kom.,MM (0821 8688 9977), Email : muhammad.6889977@gmail.comØ
 Meni Sutarsih, S.Pd.,M.Si (0821 8500 0515)
Atau bisa langsung datang ke Sekretariat Pendaftaran: ke Sekretariat PMB Uniersitas Malahayati di Gedung Perpustakaan Pusat Lantai 8.[]

Persyaratan Pendataran Mahasisiwa/i Baru

PERSYARATAN pendaftaran kuliah untuk Mahasiswa/i baru tahun 2018 di Universitas Malahayati :

  1. Foto warna 3×4 dan 4×6 (3 lembar)
  2. Surat dokter tidak buta warna
  3. Surat bebas narkoba
  4. Foto copy KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), Akte Kelahiran, raport atau ijazah 3 lembar
  5. Materai 6000 (4 lembar).

Persyaratan diatas berlaku untuk semua jurusan di Universitas Malahayati kecuali untuk jurusan di Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi.

Untuk informasi lebih lengkap hubungi :

Muhammad, S.Kom.,MM 081366427888

Atau bisa langsung datang ke Sekretariat Pendaftaran: ke Sekretariat PMB Uniersitas Malahayati di Gedung Perpustakaan Pusat Lantai 8.[]

Prodi Kebidanan DIII Gelar Akreditasi

Prodi Kebidanan DIII Gelar Akreditasi

Program Studi D III Kebidanan Melakukan pemeriksaan Data Penunjang untuk akreditasi pada 12-13 Mei 2017. Assesor yang melakukan visitasi pada akreditasi kali ini yaitu Ismarwati, SKM.,SST.,M.Ph dan Sri Sumarni, M.Mid yang disambut oleh bapak Rektor Dr.Muhammad Kadafi,SH,MH di ruang Rapat Universitas Malahayati Bandar Lampung. Acara Akreditasi ini dihadiri Oleh Rektor,Wakil Rektor,Dekan dan seluruh dosen Prodi DIII Kebidanan Unmal.

Rektor Dr.Muhammad Kadafi,SH,MH menyambut tim Assesor.

Assesor kemudian mengunjungi fasilitas Universitas Malahayati seperti: Perpustakaan, Laboratorium, CBT, OSCE, dan Ruang Kebidanan Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. Selain mengunjungi fasilitas yang ada di Universitas Malahayati, Assesor juga mengunjungi Lahan Praktik bidan yang bekerja sama dengan Prodi DIII Kebidanan Universitas Malahayati. Kunjungan Masih terus berlangsung hingga sore hari selama dua hari. harapan seluruh civitas Universitas Malahayati Kunjungan Tahun ini bisa berjalan dengan lancar.

Kaprodi Kebidanan bu Dainty Maternity,S.ST,M.Keb sedang Mempresentasikan Profil Prodi DIII Kebidanan Unmal.

 

Asesor Mengunjungi Perpustakaan Universitas Malahayati.

Asesor Mengunjungi Laboratorium dan CBT.

Kaprodi dan Tim Assesor mengunjungi ruang OSCE dan Laboratorium Komunitas.

Dosen dan Tim Assesor mengunjungi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin

Prodi Kebidanan Gelar Seminar Terapi Komplementer

Mungkin banyak dari kita, yang belum familier dengan kata “terapi komplementer”, terapi komplementer merupakan metode atau cara untuk menanggulangi penyakit yang dilakukan sebagai pendukung pengobatan medis konvensional atau sebagai pengobatan pilihan lain di luar pengobatan medis yang konvensional.

Saat ini, terapi komplementer mulai banyak dilirik oleh praktisi kesehatan, karena sebenarnya terapi ini sudah ada sejak jaman nenek moyang kita dan merupakan kearifan lokal serta masih banyak dilakukan sampai dengan sekarang. Hanya saja, pada saat itu, nenek moyang kita hanya melakukannya karena kebiasaan atau tradisi, sedangkan saat ini terapi komplementer yang digunakan oleh praktisi kesehatan adalah yang telah memilki dasar ilmiah yang dapat dipertanggung-jawabkan. Prof. Achir Yani Hamid, DSNc mencontohkan tradisi minum jamu yang sudah ada sejak jaman dulu dan masih sangat relevan hingga sekarang. Beliau juga mencontohkan penggunaan madu sebagai terapi penyakit yang juga masih relevan hingga saat ini.

Untuk menambah pemahaman praktisi kesehatan tentang terapi komplementer, maka pada tanggal 25 Februari 2017, Prodi kebidanan Universitas Malahayati Bandar Lampung menggelar seminar kesehatan tentang terapi komplementer. Pembicara dalam acara seminar ini adalah Prof. Dr. Achir Yani Hamid, DNSc, yang merupakan guru besar Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Dr. (Can) Debbyantina, SST, M.Keb dosen pengajar di Prodi Kebidanan Poltekes Jakarta dan Uki Basuki, SKM, M.Kes dari Dinas Kesehatan Propinsi Lampung. Seminar berjalan lancar dan menarik di bawah komando moderator yang juga ketua Prodi Kebidanan Univertas Malahayati Daenty Maternity, SST, M.Keb.   (lima-Dh)

Yuli Yantina; Jurnal Pengaruh Pemberian Jus Sirsak Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Di Dusun Iii Taqwasari Desa Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Asam urat merupakan produk akhir dari metabolisme purin. Kadar asam urat normal pada wanita dewasa 2,5- 5,7 mg.dl . Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2013 diketahui bahwa kasus asam urat yaitu sebanyak 23.352 kasus. Buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi dalam bentuk jus sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Salah satunya adalah jus sirsak. Jus sirsak mengandung vitamin c yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menghambat produksi enzim xantin oksidase yang bisa menghambat pembentukan asam urat sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

Hal tersebut menjadi dasar Yuli Yantina membuat sebuah penelitian yang tercantum dalam jurnal yang berjudul “Pengaruh Pemberian Jus Sirsak Terhadap Penurunan Kadar Asam Urat Di Dusun Iii Taqwasari Desa Natar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan”

Berikut selengkapnya 7-yuli

Anita Bustami , Yuli Caturini , Rosmiyati; Jurnal Faktor Yang Berhubungan Dengan Lesi Prakanker Serviks Dari Hasil Pap Smear Di Rumah Sakit Umum Daerah May Jen HM Ryacudu Kotabumi Lampung Utara 2015

Lesi prakanker disebabkan oleh tumbuhnya jamur yang disebut sebagai kandida.di rumah sakit umum daerah May.Jen. HM. Ryacudu Kota Bumi Lampung Utara pada bulan Januari– Desember 2014, dari 425 wanita usia subur yang melakukan pap smear, sebanyak 5 orang (1,1%) terdeteksi kanker rahim stadium 1b, 57 orang (13,4%) mengalami lesi prakanker. Untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan lesi prakanker serviks dari hasil pap semar di rumah sakit umum daerah May.Jen. HM. Ryacudu Kotabumi Lampung Utara tahun, 2014.

Hal tersebut menjadi dasar  Anita Bustami , Yuli Caturini , Rosmiyati melakukan sebuah penelitian yang tercantum dalam jurnal yang berjudul “Faktor Yang Berhubungan Dengan Lesi Prakanker Serviks Dari Hasil Pap Smear Di Rumah Sakit Umum Daerah May.Jen. HM. Ryacudu Kotabumi Lampung Utara 2015”.

Berikut Selengkapnya Jurnal 2-anitab_yulic_rosmiyati

Rosmiyati; Jurnal Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pre Eklampsia Di Rumah Sakit Umum Daerah Menggala Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2013

Bernama lengkap Rosmiyati,SSiT.,M.Kes.,sudah bergabung dengan Malahayati sejak 2008 dan ia merupakan salah satu tenaga pengajar untuk program studi kebidanan. Ia ditemui malahayati.ac.id di Ruang Laboratorium Universitas Malahayati saat menguji ASUHAN Persalinan Normal (APN). Rabu, 9 September 2015.

Ia memulai pendidikan DI dan DII Akademi Kebidanan di Poltekkes Tanjung Karang, lalu melanjutkan DIV Stikes Mitra Ria Husada di Jakarta. Ia menjadi dosen pengampuh mata kuliah konsep kebidanan, kebidanan komunitas dan etika.

Selain mengajar ia juga kerap melakukan sebuah penelitian. Salah satu penelitiannya tercantum dalam jurnal yang berjudul “Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pre Eklampsia Di Rumah Sakit Umum Daerah Menggala Kabupaten Tulang Bawang Tahun 2013”. Berikut selengkapnya rosmiati

Potret Perkenalan Jurusan Kebidanan Kepada Mahasiswa Baru

UNIVERSITAS Malahayati menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2016/2017. Acara ini digelar di hari ketiga PKKMB pada Jumat, 23 September 2016 di Gedung Graha Bintang Universitas Malahayati. Tahun ini PKKMB bertemakan “Melalui PKKMB Kita Bentuk Generasi Cerdas, Beretika dan Religius“.

Hari ini merupakan hari terakhir seluruh mahasiswa baru mengikuti kegiatan PKKMB di Universitas Malahayati. Serangakaian acara pada hari ini ialah pengenalan keluarga besar Malahayati. Mulai dari pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), fakultas dan jurusan masing-masing serta organisasi didalamnya.

Termasuk fakultas fakultas kedokteran program studi kebidanan. Bersama ketua prodi dan jajaran dosen memperkenalkan profil diri dan menjelaskan mengenai proses pembelajaran. Para mahasiswa baru begitu antusisas mendengarkan penjelasan yang disampaikan.

Berikut potret perkenalan jurusan kebidanan kepada mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017:

dsc_0021 dsc_0022 dsc_0023 dsc_0024 dsc_0027 dsc_0015 dsc_0016 dsc_0019

Potret Perkenalan Jurusan Kebidanan Kepada Mahasiswa Baru

UNIVERSITAS Malahayati menggelar acara Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2016/2017. Acara ini digelar di hari ketiga PKKMB pada Jumat, 23 September 2016 di Gedung Graha Bintang Universitas Malahayati. Tahun ini PKKMB bertemakan “Melalui PKKMB Kita Bentuk Generasi Cerdas, Beretika dan Religius“.

Hari ini merupakan hari terakhir seluruh mahasiswa baru mengikuti kegiatan PKKMB di Universitas Malahayati. Serangakaian acara pada hari ini ialah pengenalan keluarga besar Malahayati. Mulai dari pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), fakultas dan jurusan masing-masing serta organisasi didalamnya.

Termasuk fakultas fakultas kedokteran program studi kebidanan. Bersama ketua prodi dan jajaran dosen memperkenalkan profil diri dan menjelaskan mengenai proses pembelajaran. Para mahasiswa baru begitu antusisas mendengarkan penjelasan yang disampaikan.

Berikut potret perkenalan jurusan kebidanan kepada mahasiswa baru tahun ajaran 2016/2017:

dsc_0021 dsc_0022 dsc_0023 dsc_0024 dsc_0027 dsc_0015 dsc_0016 dsc_0019 dsc_0020